Jumat, 05 Juni 2009

Pelatihan Perbengkelan di Desa Wonokromo Kecamatan Mojotengah

Di Desa kok ada pelatihan perbengkelan ya? 
Apa hanya untuk menghabiskan anggaran ADD saja? 
Mungkin Desa Wonokromo merupakan satu-satunya Desa di Kabupaten Wonosobo yang menganggarkan pelatihan perbengkelan melalui ADD Tahun 2008. Alokasinya memang tidak terlalu besar, hanya Rp. 2.000.000,- dan direncanakan untuk 20 peserta. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari bertempat di Balai Desa Wonokromo, dengan materi utama adalah pembongkaran ringan dan perbaikan mesin sepeda motor. 

Adapun peserta pelatihan adalah para pemuda Desa Wonokromo, yang diantaranya berprofesi sebagai tukang ojek dan tukang tambal ban. Masyarakat ternyata sangat mendukung kegiatan tersebut, sehingga peserta pelatihan bertambah menjadi 25 orang. SITI HARNI (Kades Wonokromo) sama sekali tidak menyangka akan terjadi penambahan jumlah peserta. Beliau sangat gembira meskipun terpaksa “mencukup-cukupkan” anggaran yang ada. 
Kades Wonokromo tidak bermaksud menghabiskan anggaran ADD saja, dia juga tidak berkeinginan agar warga masyarakatnya bekerja di bengkel atau membuka usaha perbengkelan. Kades Wonokromo hanya memiliki keinginan yang sangat sederhana “warga masyarakat Desa Wonokromo bisa mandiri dalam perawatan sepeda motor”.  

Kemandirian? Yah, itulah sebenarnya yang perlu ditumbuhkan di semua Desa. Pengembangan ekonomi kerakyatan mungkin berawal dari sebuah gagasan yang sangat sederhana, tidak muluk-muluk tetapi bisa diterima oleh seluruh warga masyarakat.

1 komentar:

  1. KEMANDIRIAN, sebuah kata yang mengandung maksud yang sangat dalam ketika kita berfikir bagaimana strategi membangun desa.Andai desa dapat menggali potensi apa yang ada di desa untuk dikembangkan menuju suatu kemandirian desa,memang selama ini ketergantungan desa terhadap pemda begitu besar apalagi masalah dana seakan-akan desa tidak dapat membangun tanpa adanya bantuan.
    Banyak hal yang masih harus kita lakukan antara lain penggalian potensi yg masih terpendam, hal ini juga tidaklepas dari tingkat SDM yang ada dan kemampuan dalam management, semoga adanya berbagai pelatihan baik yg dianggarkan dari ADD maupun PNPM dan yang lainnya dapat menggugah kita untuk berbuat yang lebih baik untuk kemajuan desa yang menjadi kebanggaan kita sebagai warga negara menuju desa yang mandiri, MARI KITA BANGUN DESA KITA UNTUK MENUMBUHKAN KOTA

    BalasHapus